11 Desember 2010

Ayo menyulam

Saat ini menyulam mulai banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari yang muda sampai yang tua. Menyulam bukan hanya sekedar mengisi waktu luang, tetapi banyak manfaat lain yang bisa kita dapat, mulai dari kepuasan setelah melihat hasil karya sendiri sampai memperoleh keuntungan finansial dari bisnis ini.

Mempelajarinya juga tidak sulit, bagi yang tidak bisa mengikuti kursus menyulam bisa mempelajarinya melalui buku atau internet, sekarang sudah menjamur situs-situs yang menjabarkan berbagai macam teknik menyulam,        ada sulam pita, sulam benang, stumpwork, hardanger,  & masih banyak lagi.

Kalau saya sih berawal dari buku yang saya beli di Gramedia, berjudul " Teknik Dasar Sulam Pita untuk Pemula ", penulis Wahyupuspitowati. Dari situlah saya mempelajarinya ditambah dengan buku-buku sulam yang lain.

Bahan - bahan yang digunakan juga relatif murah dan mudah dijumpai dipasaran, memang ada juga yang harganya mahal, tapi bukan berarti sesuatu yang murah menghasilkan karya yang biasa, dengan pita biasapun kita bisa menghasilkan karya yang indah, semua tergantung dari bagaimana kita mengkreasikannya.


Bukan hanya kain saja loh yang bisa kita sulam, bahkan ada pula yang menyulam diatas cangkang telur, mula - mula cagkang telur dilubangi untuk memasukkan benang/pita, lalu disulam. Semua tergantung kreatifitas penyulamnya.

Kegiatan ini juga bisa dilakukan dimana saja, karena tidak membutuhkan banyak alat, tinggal buatkan kotak penyimpanan yang bisa kita bawa kemana saja. Sambil menunggu anak di sekolah juga bisa, lumayankan mengisi waktu kosong tapi bermanfaat.

Bagi yang belum bisa menyulam, tapi ingin bisa menyulam... ayo wujudkan impian anda, mulailah dan anda akan merasakan banyak manfaat yang diperoleh dari menyulam.


1 komentar:

  1. assalamualaikum. makasih buat tutorialnya. sangat membantu. kalo boleh tahu, kain apa aja yang bisa buat sulam pita? Terus jenis kain apa yang hasilnya paling bagus? soalnya aku pernah coba tapi kainnya berkerut2. makasih sebelumnya...

    BalasHapus